Cara Sederhana Membuat Robot Bagi Pemula

Belajar membuat robot untuk pemula - Meskipun robot ini bukan robot tercanggih dan robot ini belum memakai prosesor sebagai pengendalinya, robot ini masih bisa bergerak dengan rangkaian sederhana seperti ini tanpa menabrak penghalang di depannya. Lucu banget deh saat melihat robot ini berjalan. Wuihh... Seruuu...!!! Coba nanti lihat videonya (Nunggu upload dulu ya).
Mudah Merakit Robot bagi Pemula - Oya sobat, Robot infra merah ini juga biasa disebut robot dengan sensor jarak atau halangan. Itu karena robot ini berjalan dengan mendeteksi penghalang yang ada di depannya. Saat ada penghalang maka robot ini akan berbelok atau mundur ke belakang. Mengapa?! Karena rangkaian sensor infra merah di dalamnya difungsikan untuk mengubah arah putaran roda robot sederhana tersebut.

gambar robot
Pada robot ini terdapat dua bagian utama dalam rangkaian elektroniknya. Bagian pertama rangkaian pemancar (Transmitter) dan bagian kedua penerima (Receiver) Infra Merah.

Cara Praktis buat Robot untuk Pemula - Bagian transmitternya sendiri terdiri dari rangkaian frekwensi pembawa U1(carrier) dan rangkaian frekwensi modulasi U2. Yang saya border hijau adalah bagian oscillator frekwensi audio 5Khz sebagai sinyal modulasi. Yang border merah adalah rangkaian oscillator sinyal pembawa/carrier 38Khz


Infra Red Transmitter
Rangkaian receiver
Untuk rangkaian penerima/receivernya buat 2 buah rangkaian receivernya (border coklat) untuk kanan dan kiri.

Ceritanya begini lho sobat…,
Saat saya membuat rangkaian sensor infra merah dengan rangkaian yang lama ternyata banyak sekali gangguannya. Fungsi rangkain mudah terganggu dengan cahaya matahari, terutama dengan intensitas kuat. Akhirnya rangkaian tidak bisa bekerja dengan normal seperti yang saya inginkan.

Nah, itulah fungsinya perpaduan sinyal 38Khz dan 5Khz di sini. Dengan menggunakan metode modulasi frekwensi seperti itu maka gangguan dari pengaruh cahaya luar bisa dihindari. Meskipun rangkaian ini masih bisa terganggu dengan sinyal remote Infra Merah yang bekerja di 38Khz.

Satu hal lagi, di pasaran elektronik Indonesia khususnya dan di dunia pada umumnya.. (hehe… )modul penerima Infra Merah yang paling mudah dicari adalah yang menggunakan 38Khz sebagai frekwensi kerjanya. Jadi kita sendiri yang harus menyesuaikan rangkaian yang kita buat dengan frekwensi tersebut. Mudah kok! Tinggal menghitung harga resonansi IC NE555 saja
Pada rangkaian ini frekwensi 38Khz diatur dengan tunning Variabel Resistor (VR) 10K. Di sini saya memakai model Trimmer Potensio (Trimpot).

Makalah Membuat Robot Sederhana - Sobat harus hati-hati saat memasang antara modul sensor dengan LED Infra merahnya. Atur posisi keduanya sedemikian rupa agar cahaya yang diterima oleh modul sensornya bagus. Saya membungkus LED infra merah dengan pipa logam kecil agar cahaya LEDnya bisa terarah. Karena modulnya sendiri memang kita seting hanya boleh menerima sinyal Infra merah dari hasil pantulan objek di depannya. Kalau tidak gitu ya namanya bukan sensor jarakdong...

Relay… Di sini saya pakai model mini relay double Switch 9V (Apalagi tuh!? Kayaknya ga pernah denger deh..??!). Emang saya kasih nama sendiri kok...! Hehe.., Habis yang jual aja ga tahu tu namanya relay apaan. Lhoh… Tu…!!!

Praktek membuat Robot Sendiri - Lebih baik pakai relay yang dobel saklar sobat, karena kita tidak perlu pusing membuat tegangan simetris buat suplai catudaya rangkaiannya sobat. Karena di sini kita punya 2 pilihan. Memakai relay saklar tunggal tapi harus merubah rangkaian catudaya atau memakai relay dobel saklar tanpa merubah rangkaian. Pilih mana? Kalau saya sih pilih yang kedua-duanya.. Hehe.. (Yang kedua maksudnya!) Tapi memang sebagian tempat agak susah juga mencari relay yang kedua itu lho.. apalagi yang mini.. Kayak tempat saya nih, agak susah, tapi Alhamdulillah ketemu juga.

Oke! Sampai di sini dulu ya sobat..
Semoga Cara Sederhana Membuat Robot Bagi Pemula bermanfaat bagi anda, Salam hangat saya.

6 komentar:

  1. beuhh mantep bner nih gan .....
    jadi kreative ,,hehe

    thanks info nya ya.

    luangkan juga gan waktunya di :
    http://downloadfirmwarehp.blogspot.com

    BalasHapus
  2. I'm on the road with greetings from Brugge my friend

    BalasHapus
  3. Salam kenal Semua saya Hernawati dari Semarang
    Minta waktunya sebentar untuk membaca postingan saya ini,,! Siapa tau ini bisa
    berguna bagi Anda yg punya suatu masalah ataupun musibah yg sedang menimpah Anda,,,,,

    Kemarin keluarga kami mengalami suatu permasalahan yg begitu rumit dan sulit buat menyelesaikannya dan masalah tersebut yaitu: masalah Hutang sama rentenir sebanyak 257juta belum bunganya selama kurang lebih 4Thn,,,saya pun bingun harus bagaimana supaya hutang tersebut bisa terlunasi namun untungnya kami mendapat informasi dari seseorang yg saya kenal di media sosial yaitu Pak.Darmawan,beliau memberi saran untuk mengaduh nasib dgn cara minta bantuan kepada KI BARONG beliau adalah orang Ahli Tentang Mistik atau Ghaib
    Awalnya si saya dan keluarga percaya ngk percaya,sayapun mencoba menghubungi beliau di no yg di berikan Pak.Darmawan dan Alhasil kami dapat bantuan dari beliau kurang lebih setengah bulan kami di bantu KI BARONG dan akhirnya uang pun terkumpul lebih dari cukup buat melunasi hutang piutang keluarga,Lewat postingan ini Sekali lagi Terimahkasi Banyak KI BARONG atas jasanya,,dan jika Anda ingin mengaduh nasip seperti kami silahkan TLFN Beliau
    NAMA:KI BARONG
    NO TLFN: 0823 4824 0725
    Ingat apapun Masalah atau Musibah Anda tidak ada salahnya mencoba silahkan Sampaikan
    Semuanya sama KI BARONG,yang namanya usaha berhasil ataupun tidaknya itu persoalan belakan yg penting Niat kita untuk berusaha bukan cuman duduk diam menunggu suatu keajaiban
    Dan poin penting dari Hal ini Bantuan yg di berikan beliau bukanlah bantuan Aliran Sesat(HITAM)
    Trimah kasi Atas waktunya Salam……….

    BalasHapus
  4. Assalamu alaikum wr.wb..saya IBU RAHMA TKI MALAYSIA
    saya mengucapkan terima kasih banyak kepada MBAH SANGKIL
    sudah 7 tahun saya di MALAYSIA pengen pulang ke indonesia
    tapi gak ada uang apalagi hutang masih banyak
    secara kebetulan saya buka internet melihat nomor
    MBAH SANGKIL katanya seorang paranormal yang bisa bantu masalah kita
    dengan penuh harapan saya coba-coba hubungi
    saya minta angka bocoran dan beliau bantu kasi 4D TOTO
    angka yang di berikan MBAH SANGKIL betul-betul tembus 100%
    atas bantuan MBAH SANGKIL hutang-hutang saya semua pada lunas
    bagi saudara-saudara perlu bantuan
    terutama yang punya hutang sudah lama belum terlunasi
    jangan putus asah ingin merubah nasib seperti saya
    HUBUNGI MBAH SANGKIL DI MOMOR HP: (=085=210=493=757=) semoga ALLAH SWT...senang tiasa memberi MBAH SANGKIL kesehatan dan umur panjang...amin amin yarabbal alamin..



















    Assalamu alaikum wr.wb..saya IBU RAHMA TKI MALAYSIA
    saya mengucapkan terima kasih banyak kepada MBAH SANGKIL
    sudah 7 tahun saya di MALAYSIA pengen pulang ke indonesia
    tapi gak ada uang apalagi hutang masih banyak
    secara kebetulan saya buka internet melihat nomor
    MBAH SANGKIL katanya seorang paranormal yang bisa bantu masalah kita
    dengan penuh harapan saya coba-coba hubungi
    saya minta angka bocoran dan beliau bantu kasi 4D TOTO
    angka yang di berikan MBAH SANGKIL betul-betul tembus 100%
    atas bantuan MBAH SANGKIL hutang-hutang saya semua pada lunas
    bagi saudara-saudara perlu bantuan
    terutama yang punya hutang sudah lama belum terlunasi
    jangan putus asah ingin merubah nasib seperti saya
    HUBUNGI MBAH SANGKIL DI MOMOR HP: (=085=210=493=757=) semoga ALLAH SWT...senang tiasa memberi MBAH SANGKIL kesehatan dan umur panjan...amin-amin yarabbal alamin..

    BalasHapus
  5. Syukur Alhamdulillah di tahun ini Saya mendapatkan Rezeki yg berlimpah sebab sudah hampir 9 Tahun Saya bekerja di (SINGAPORE) tdk pernah menikmati hasil jeripaya saya karna Hutang keluarga Sangatlah banyak namun Akhirnya, saya bisa terlepas dari masalah Hutang Baik di bank maupun sama Majikan saya di Tahun yg penuh berkah ini,
    Dan sekarang saya bisa pulang ke Indonesia dgn membawakan Modal buat Keluarga supaya usaha kami bisa di lanjutkan lagi,dan tak lupa saya ucapkan Terimah kasih banyak kepada MBAH SURYO karna Beliaulah yg tlah memberikan bantuan kepada kami melalui bantuan Nomor Togel jadi sayapun berhasil menang di pemasangan Nomor di SINGAPORE dan menang banyak
    Jadi,Bagi Teman yg ada di group ini yg mempunyai masalah silahkan minta bantuan Sama MBAH SURYO dgn cara tlp di Nomor ;082-342-997-888 percaya ataupun tdk itu tergantung sama anda Namun inilah kisa nyata saya

    BalasHapus
  6. menjual berbagai motor dc
    copy link:
    http://motordcjogja.blogspot.co.id/2017/01/motor-dc.html

    BalasHapus

Recent Posts