5 Tren Makanan Terpopular di Tahun 2013

Tren makan di tahun 2013 masih  di dominasi oleh makanan cepat saji, oleh karena itu makanan cepat saji makin menjamur terutama di kawasan perkotaan dan ibu kota. Berbagai inovasi telah dilakukan untuk membuat makanan cepat saji yang berbeda dari pada yang lain. Namun seperti tahun-tahun sebelumnya makanan yang sudah memiliki brand dan sudah terkenal cita rasanya masih menjadi favorit di tahun ini. Berikut inilah uniknya.com merangkumnya dalam 5 tren makanan terpopular di tahun 2013 :

1. Pizza

Cita rasa makanan pizza masih akan menjadi primadona di tahun ini, karena masyarakat lebih memilih makanan cepat saji seperti Pizza.  Sebelum abad ke-17, pizza ditutupi saus putih. Kemudian diganti oleh minyak, keju, tomat atau ikan – tahun 1843, Alexandre Dumas, père menjelaskan keragaman pelengkap pizza. Bulan Juni 1889, untuk menghormati Ratu Italia, Margherita dari Savoy, koki Neapolitan Raffaele Esposito menciptakan “Pizza Margherita”, sebuah pizza yang dipenuhi tomat, keju mozzarella dan basil, untuk menggambarkan warna bendera Italia. Dialah yang pertama kali menambahkan keju. Urutan pasti dimana banyak roti tipis di Mediterania kuno dan abad pertengahan menjadi suatu makanan yang terkenal pada abad ke-20  dan akan berlanjut hingga tahun 2013 ini.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Pizza(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)


2.  Hamburger

Ternyata  cita rasa perpaduan daging dan roti masih menjadi favorit di tahun 2013 ini, tidak ingin kalah dengan produk cepat saji lainnya kini hamberger mengembangkan berbagai cita rasa yang wajib dicoba di tahun ini. Hamberger  dikenal berupa makanan  yang terdiri dari roti berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan patty yang biasanya diambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. Sebagai sausnya, burger diberi berbagai jenis saus seperti mayones, saus tomat dan sambal serta mustard. Beberapa varian burger juga dilengkapi dengan keju, asinan, serta bahan pelengkap lain seperti sosis dan Ham , yang dijamin  bikin ngiler.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Hamburger(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)


3. Fish n’ chips

Mungkin makanan ini  terdengar asing di telinga kita, namun makanan ini sangat populer di  Amerika dan Eropa, dan mungkin akan menjadi populer di tahun ini. Fish n’ chips adalah sebuah nama makanan Barat yang terdiri dari kompilasi tenar antara fillet ikan dan kentang goreng. Rakyat Inggris dan Irlandia menyebutnya dengan istilah ‘chippies’ atau ‘chipper’’, dan merupakan menu makan siang murah meriah di kalangan pekerja sejak dulu. Kentang dalam bentuk french fries menjadi penyerta populer semenjak sajian ini masuk ke Amerika.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Fish n’ chips (Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Ikan yang biasanya digunakan adalah jenis yang berdaging montok, juicy, dan berwarna putih, seperti ikan cod atau ikan dory. Balutan tepung menjadi pamungkas kelezatan ikannya, yakni harus renyah dan memiliki takaran kegurihan yang pas. Poin-poin tersebut biasanya dikantongi penyuka fish and chips sejati saat ‘menilai’ sepiring fish n’ chips yang tengah mereka santap dan bikin ketagihan.


4. Fried Chicken

Makanan yang sederhana namun sangat cocok untuk lidah penduduk dunia, yakni hanya berupa ayam yang  berbalut tepung yang digoreng dengan renyah. Sejak di perkenalkan pertama kali oleh Col. Sanders pada tahun 1939 makanan ini menjadi salah satu makanan cepat saji paling terlaris didunia.
Pembuatan Fried Chicken pun  tergolong sederhana yang terdiri dari tepung, ayam dan 11 bumbu lainnya. Namun dalam proses pengorengan harus  memperhatikan proses kematangan yang sempurna untuk mendapatkan cita rasa yang super enak dan yummy.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Fried Chicken(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)


5. Lumpia

Lumpia  adalah makanan yang tidak asing lagi di Indonesia, biasanya di sajikan dalam acara perkawinan atau acara besar lainnya. Tidak hanya di Indonesia ternyata lumpia sangat popular di  Asia Tengara seperti Malaysia, Singapura , Thailand dan daerah Asia lainya seperti Cina.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Lumpia(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Lumpia adalah lembaran tipis dari tepung gandum yang dijadikan kulit lalu digunakan sebagai pembungkus isian yang biasanya terdiri atas rebung, telur, sayuran segar, daging, atau makanan laut yang akan membuat lidah anda ketagihan mencobanya. (**)

Sumber: berbagai sumber, uniknya.com, November 2013

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts