15 Kewajiban saat Hamil

15 Kewajiban saat Hamil, saat hamil wanita memiliki beberapa kewajiban yang harus di lakukan agar kandungan anda aman dan terjaga...

saat hamil


ANDA tengah hamil, inilah 15 hal yang Anda harus lalukan dan ingat untuk mnejalani kehamilan yang aman dan sehat.

a. Asam folat
Minumlah satu tablet asam folat setiap hari ketika hamil dan terus melakukannya sampai waktu Anda mengunjungi dokter.

b. Jangan minum obat sembarangan
Hindari obat tanpa resep dan informasikan dokter tentang kehamilan Anda sebelum meminum obat apa pun.


c. Prioritaskan kehamilan
Jangan lewatkan pemeriksaan rutin, ikuti semua nasihat dokter, katakan tidak untuk lembur, dan ambil istirahat ekstra.

d. Bergabung dengan program kehamilan
Program ini akan mendidik Anda tentang menu makan, olahraga, dan menyusui. Serta, mempersiapkan Anda untuk melahirkan dan mengasuh anak, menghilangkan ketakutan dan belajar dari pengalaman orang lain.

e. Makan yang benar
Lebih pilih masakan rumah daripada junk food, produk gandum daripada gula halus, makanan segar daripada makanan olahan, dan perbanyak jus buah daripada kopi dan teh. Makan pula banyak kacang-kacangan, produk susu, kecambah, sayuran, dan buah-buahan.

e. Olahraga ringan
Manjakan tubuh dengan latihan ringan seperti berjalan, bersepeda, berenang, atau yoga kecuali bila dokter Anda melarangnya. Hindari mengangkat beban berat dan menjaga diri agar selalu terhidrasi.

f. Pahami dan terima perubahan tubuh
Tubuh Anda berubah. Payudara lebih besar, stretch mark mulai muncul, dan berat badan bertambah. Itu taka pa-apa, terima dan nikmati kebahagiaan menjadi seorang ibu.

g. Jaga berat badan Anda
Penambahan berat badan biasanya dimulai dari bulan keempat. Anda akan menambah sekitar 450 gram per minggu.

h. Kunjungi dokter gigi
Kehamilan membuat Anda rentan terhadap gusi berdarah dan penyakit gusi. Infeksi gigi, jika tidak diobati, dapat memicu persalinan prematur. Jadi rawatlah kebersihan mulut dan penuhi jadwal kunjungan ke dokter gigi.

i. Kenakan busana sesuai
Pilih gaun longgar dengan alas kaki bertumit rendah yang nyaman. Pilih bra dengan baik dan pas. Taka pa bila sering mengubah ukuran sesuai dengan kebutuhan.

j. Tidak minum atau merokok
Merokok dan minun alkohol wajib dilarang saat hamil!

k. Jalan-jalan
Trimester kedua (4 sampai 6 bulan) adalah waktu paling aman untuk melakukan perjalanan. Lebih pilih perjalanan dengan kereta api harus daripada melalui udara atau mobil pribadi. Hindari mengunjungi tempat-tempat yang tidak memiliki akses yang mudah untuk perawatan medis dan selalu bawa salinan file medis Anda.

l. Seks
Trimester kedua juga waktu paling aman untuk menikmati seks. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda memiliki komplikasi yang mengharuskan Anda untuk abstain. Anda mungkin harus mengubah posisi untuk menghindari tekanan pada perut.

m. Libatkan suami
Biarkan pasangan Anda menemani Anda ke dokter, mendiskusikan nama-nama bayi, dan biarkan dia merasa gerakan bayi Anda. Jangan mengabaikan dia sehingga dia lebih termotivasi untuk memanjakan Anda!

n. Segera lapor dokter
Segeralah melapor kepada dokter jika Anda mengalami sakit lebih dari perut bagian bawah, berdarah, atau jika bayi Anda kurang bergerak.

o. Pilih rumah sakit yang tepat
Selain dokter kandungan yang nyaman, pertimbangkan jarak rumah sakit dari tempat tinggal Anda. Perhatikan pula kebersihan dan fasilitas medis serta diskusikan anggaran dan fasilitas asuransi. (Pri/OL-06)

2 komentar:

Recent Posts