Tengok Sejumlah Karya Fantastis Seniman Lego

lego
Lego Iron Man (2007) oleh Ramón dan Amador Alfaro Marcilla.
zie's for you - Mike Doley meluncurkan buku barunya yang berjudul Beautiful LEGO, berisi lebih dari 200 halaman seni Lego terbaik di dunia. Di dalamnya terdapat foto-foto karya menarik mulai dari patung-patung museum sampai referensi untuk para  pecandu seni ini.

Buku ini menyoroti perkembangan yang sangat mengesankan dari permainan susun balok legendaris tersebut

“Setiap tahun, hal (lego) ini menjadi semakin rumit dan tekniknya semakin baik, jadi saya berpikir bakal hebat untuk merayakan manfaat permainan ini dalam.” Ucap Doyle seperti dikutip oleh Wired. Ia juga seniman Lego dan memasukkan beberapa foto karyanya dalam buku tersebut.

Doyle mengenal Lego empat tahun yang lalu saat mengunjungi Legoland bersama kedua putranya. Ia kemudian meriset di internet untuk mengetahui apa yang orang-orang lakukan dengan lego. Sampul buku yang direproduksi dari Beautiful LEGO telah mendapat izin dari No Starch Press.

Setelah banyak melakukan penelitian tentang berbagai teknik, Doyle mengerjakan projek pertamanya pada tahun 2009. Saat itu sedang terjadi krisis perumahan dan ia termasuk salah satu 'korban' sehingga memutuskan untuk meninggalkan rumahnya.

Situasi itu membuatnya harus menyelesaikan projeknya dalam waktu  yang lama, tapi ia berhasil. Sekarang, ia sedang berusaha membangun rumah lego yang lebih besar.

Daya tarik bagi Doyle adalah kemampuan untuk “melampaui media” itu sendiri. Pada titik tertentu, Doyle mengatakan Lego bukan hanya menjadi alat. Seperti ketika pelukis berkarya melampaui cat untuk membayangkan sebuah lukisan. Dia menyebutnya semacam “transendensi”.

Awal tahun ini, Lego membangun Star Wars X-Wing Fighter dari 5.335.200 satuan lego. Dengan tinggi 11 kaki, panjang 43 kaki, lebar 44 kaki, dan beratnya hampir 23.000 kilogram karya itu sebuah prestasi yang luar biasa, tapi seniman yang terdapat dalam Beautiful LEGO menunjukkan bahwa kemahiran bisa sama mengesankan meski dalam skala karya yang berbeda, salah satunya Harley Davidson karya Dennis Glaasker yang dilapisi dengan krom.

karya unik lego

karya unik lego

karya unik lego

karya unik lego

motor lego

karya unik lego


Reporter : mgrol21
Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber : republika.co.id @ http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/hobi/13/10/17/mutbi5-tengok-sejumlah-karya-fantastis-seniman-lego

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts