Hanya 8 Persen Pemakai Facebook Berbicara Jujur Selebihnya Adalah Pembohong Akut

FB
Penelitian menunjukkan seseorang lebih sering berbohong ketika ‘berbicara’ melalui situs jejaring sosial, seperti Twitter dan Facebook ketimbang berbicara ‘face to face’.

Sebuah survei yang dilakukan Optimum Research terhadap 2012 orang mengungkapkan hanya 8 persen orang yang berkata jujur ketika berkomunikasi melalui FB atau Facebook atau pesan teks lainnya. Sepertiga dari responden mengaku berkata jujur ketika berbicara secara langsung dengan seseorang.

Menurut psikolog Glenn Wilson, teknologi modern seperti smartphone, jejaring sosial dan pesan instan menjadi inovasi untuk berinteraksi dan menghilangkan hambatan percakapan. “Teknologi juga bisa membuka wacana seseorang,” katanya.

Namun, lanjut Glenn, terkadang memang dibutuhkan interaksi langsung, misalnya bertemu kemudian berbicara dan membaca bahasa tubuh lawan bicara. “Ini bisa menunjukkan ketulusan seseorang,” katanya
Sedangkan hal yang paling sering dibohongi ketika berbicara di Facebook adalah kebahagiaan, kesuksesan dan ketaatan beragama.

2 komentar:

  1. ya pastilah mereka berbicara bohong...
    karena kebanyakan yang ditulis di fb itu hanyalah sebuah khayalan semata..

    BalasHapus
  2. iya sich bener juga kebanyakan dari mereka menuliskan status palsu

    BalasHapus

Recent Posts